PKM PRODI MANAJEMEN “KARGO DAN POS UDARA” di SMAN 7 BEKASI

Pertumbuhan e-commerce tergolong sangat cepat saat ini karena masyarakat sudah menempatkan e-commerce sebagai gaya hidup termasuk bagi mereka para remaja di usia belia yang masih duduk di bangku sekolah. Perdagangan produk dan jasa tersedia di internet melalui e-commerce, artinya ini menunjukkan adanya peredaran barang yang bergerak dalam transaksi pembelian dan penjualan. Berbelanja secara online  turut mendongkrak kinerja kargo dan pos udara.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada barang-barang yang tidak boleh diterbangkan (dikirim) atau sebagian ada yang sengaja menyisipkan barang yang dilarang ke dalam barang kiriman lainnya, ataupun mengakui barang yang dilarang tersebut dengan barang lainnya yang diperbolehkan untuk dikirim. Hal ini tidak boleh terjadi, sebab dapat membahayakan barang yang lain, lingkungan, dan keselamatan orang lain. Pengirim harus betul-betul memahami aturan pengiriman kargo dan pos udara dengan tepat, dan dapat menentukan tingkat bahaya atas barang (kargo) kiriman.

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi Unsurya yang memiliki konsentrasi peminatan Manajemen Kebandarudaraan tergerak untuk melakukan pengabdian pada masyarakat melalui tema kegiatan : “Edukasi Keamanan Penerbangan dan Prosedur Pengiriman Barang Yang Tepat Menggunakan Pesawat Udara di SMAN 7 Bekasi” yang diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2022 bersama pakar/praktisi kebandarudaraan sekaligus dosen pengajar S1 Prodi Manajemen Unsurya yaitu Bapak I Gusti Ngurah Willy Hermawan, ST, MM sebagai narasumber dan Ketua tim dosen dan mahasiswa pada kegiatan ini adalah Ibu Dra. Dewi Dyah Widyastuti, MM. Tujuan kegiatan abdimas kali ini adalah 1) Memberikan edukasi kepada para pelajar melalui pemahaman dalam kegiatan pengiriman kargo dan pos via pesawat udara yang harus mengikuti program keamanan kargo udara. 2) Memberikan informasi kepada para pelajar terhadap aturan pengiriman kargo dan pos yang benar dan aman sebagai upaya pencegahan sedini mungkin terhadap ancaman bahaya keamanan dan keselamatan penerbangan dapat merugikan banyak pihak.

Para pelajar di SMUN 7 Bekasi sangat antusias mengikuti edukasi ini sampai dengan selesai karena “dunia penerbangan” memang belum banyak diketahui detail seluk beluknya. Untuk itu, Tim Dosen S1 Prodi Manajemen akan terus mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan tentang penerbangan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.