WORKSHOP PKM Merintis Pendirian Koperasi Mahasiswa (Kopma)

Workshop PKM mengusung tema “Merintis Pendirian Koperasi Mahasiswa (Kopma) – Peluang dan Strategi Mengembangkan Koperasi Mahasiswa di Era Digital” telah dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2022. Kegiatan ini mendapat respon dan apresiasi yang sangat baik oleh peserta workshop yang sebagian besar terdiri dari mahasiswa Unsurya, Unnur, Unsera dan beberapa mahasiswa di beberapa kampus lainnya, para dosen dan masyarakat umum. Jumlah peserta workshop PKM online yang hadir di room Zoom sebanyak 298 peserta termasuk panitia.

Narasumber dihadirkan dari pejabat Kementerian Koperasi dan UKM R.I. yang kompeten di bidangnya khususnya merintis pendirian koperasi dan pengembangan koperasi mahasiswa (Kopma) berbasis digital yang berdaya saing, yaitu:

  1. Hasan Jauhari, MA dan
  2. Ahmad Junaedi, SE, MSi.

Sambutan dari keynote speaker oleh Ketua Umum Yasau dan materi yang disampaikan oleh para narasumber lebih bagaimana mengubah mindset masyarakat tentang koperasi sebagai badan usaha “jadul” menjadi lebih kekinian mampu beradaptasi dan bersaing cepat terhadap perubahan termasuk melihat peluang dan strategi pendirian koperasi mahasiswa di  era digital seperti sekarang ini. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta melalui chat room zoom meeting sangat bervariasi tentang koperasi menunjukkan antusiasme peserta.

Kendala yang dihadapi selama kegiatan workshop adalah waktu yang dibutuhkan menjadi sangat kurang untuk narasumber menjelaskan kepada peserta secara teknis dan strategi seperti apa kegiatan bisnis mahasiswa yang sudah berjalan sebagai produk wirausaha untuk dikembangkan dalam koperasi mahasiswa (kopma).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.